CILAKSANA KARAWANG
KECAMATAN JAYAKERTA KABUPATEN KARAWANG JAWA BARAT

Minggu, 30 Januari 2011

URUTAN BUPATI YANG MEMERINTAH KABUPATEN KARAWANG

1.RADEN ADIPATI SINGAPERBANGSA (1633-1677)
   Raden Adipati Singaperbangsa adalah putra Wiraperbangsa dari Galuh (wilayah kekuasaan Kerajaan Sumedanglarang). Bergelar Adipati Kertabumi IV. Memerintah selama 44 tahun, beliau wafat pada tahun 1677 dan di makamkan di Manggung, Ciparage, Desa Manggungjaya Kecamatan Cilamaya.

2. RADE N ANOM WIRASUTA  (1677-1721)
     Raden Anom Wirasuta dalah putera Raden Adipati Singgaperbangsa, yang bergelar Raden Adipati Panatayuda I, beliau menjabat bupati selama 44 tahun menggantikan kedudukan ayahnya,setelah wafat beliau dimakamkan di Bojong Manggu Kecamatan Pangkalan. Kemudian makamnya dipindahkan ke komplek makam bupati Karawang di Manggung, Ciparage desa Manggungjaya Kecamatan Cilamaya, untuk mengenang jasa-jasanya, namanya diabadikan menjadi nama GOR Panatayuda.

3. RADEN JAYANAGARA (1721-1731)
    Raden Jayanegara adalah putera Raden Anom Wirasuta yang bergelar Raden Adipati Panatayuda II, menjabat bupati selama 10 tahun, menggantikan ayahnya, pada masa beliau menjabat bupati pusat pemerintahan berada di Pangkalan. Beliau wafat di Pangkalan dan dimakamkan di Waru Tengah Kecamatan Pangkalan (sekarang wilayah Kecamatan Tegalwaru). Kemudian makam beliau dipindahkan ke komplek makam bupati Karawang di Manggung, Ciparage desa Manggungjaya Kecamatan Cilamaya.

4. RADEN MARTANAGARA (1732-1752)
    Raden Martanegara memerintah Karawang selama 20 tahun, beliau adalah putera Raden Jayanagara, pada masa pemerintahannya pusat pemerintahan berada di Waru Pangkalan, beliau bergelar Raden Adipati Panatayuda III, setelah wafat beliau di makamkan di Waru Pangkalan.

5. RADEN MUHAMMAD SOLEH (1752-1786)
Raden Muhammad Soleh atau Raden Singanagara atau Raden Muhammad Zaenal Abidin adalah putera Raden  Martanagara, beliau bergelar Raden Adipati Panatayuda IV, yang memerintah selama 34 tahun menggantikan ayahnya, pada masa beliu pusat pemerintahan berada di Bunut Kertayasa Karawang. Setelah beliau wafat di makamkan diserambi mesjid agung Karawang, pada tanggal 5 Januari 1994 makamnya dipindah ke komplek makam bupati Karawang di Manggung, Ciparage desa Manggungjaya kecamatan Cilamaya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan Isi Komentar Anda dengan Sopan.
Komentar Anda adalah masukan dan Inspirasi bagi Saya.